Tuesday, December 11, 2012

Media Presentasi : Kelebihan Penggunaan Flip Chart dalam Presentasi

Saat orang berlomba-lomba menggunakan media presentasi yang canggih, Flip Chart masih mampu mempertahankan eksistensinya. Meskipun terpaut perbedaan yang jauh dengan media presentasi berbasis program komputer, dengan citarasa klasik dan sentuhan personal, Flip Chart atau FP tetap bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai media presentasi. Seringkali presentasi menggunakan software terlihat sangat menarik dan canggih, akan tetapi hal itu terkadang mengaburkan fungsi presentasi yang sebenarnya. Tampilan yang menarik ditambah animasi yang lucu akan mengalihkan perhatian dari peserta presentasi hanya kepada slide presentasi yang ditampilkan. Hal inilah yang membuat media presentasi ini jauh lebih efektif untuk digunakan sebagai media presentasi.


Penggunaan Flip Chart saat presentasi sangat bergantung pada situasi dan metode yang digunakan saat presentasi. Jika metode ceramah digunakan, Flip Chart dapat digunakan untuk menjelaskan poin-poin yang akan disampaikan. Akan tetapi jika menggunakan metode kombinasi antara visual aids dan ceramah, alat bantu presentasi ini baik sekali untuk menyajikan gambar, ilustrasi atau kata yang menjadi inti pembicaraan. Dengan penggunaan seperti yang dicontohkan tersebut, tingkat pemahaman dan perhatian dari peserta akan meningkat. Untuk membuat Flip Chart lebih menarik, sangat disarankan untuk memakai kombinasi warna yang menarik.

Dengan desain yang ringkas dan dapat dengan mudah dibawa kemana saja, Flip Chart menjadi pilihan yang tepat untuk kelas outdoor. Dengan fleksibilitas dalam penggunaan yang tinggi, presentator atau pengguna alat bantu presentasi ini secara umum dapat lebih mudah untuk berimprovisasi. Tidak hanya itu, dengan biaya yang cukup murah dan tidak membutuhkan arus listrik, media tersebut mempermudah internalisasi dari materi yang disampaikan. Selain kelebihan yang diuraikan diatas, ada juga beberapa kekurangan dari penggunaan media ini antara lain rendahnya visibilitas dan lembaran yang hanya dapat digunakan sekali saja. Selain itu, pembicara atau presentator akan cenderung untuk memunggungi peserta saat menulis atau membalik lembaran Flip Chart. Untuk memaksimalkan fungsi dan keberhasilan presentasi, sebaiknya media tersebut hanya digunakan saat presentasi kecil yang dihadiri tidak lebih dari 20 orang. Penataan posisi duduk juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan sudut pandang dan visibilitas yang baik bagi pesertanya.

Selain kelebihan dan kekurangannya, pengetahuan tentang cara menggunakan Flip Chart dengan baik akan membantu penyampaian materi dan pastinya membuat presentasi materi lebih menyenangkan. Secara umum, media tersebut digunakan untuk membuat bagan dari cerita atau kejadian yang disampaikan. Selain itu, sering juga digunakan untuk menyampaikan tabulasi data dan bagan pohon. Flip Chart juga sesuai untuk menjelaskan proses dan kronologis dari materi yang disampaikan. Dapat digunakan untuk berbagai metode penyampaian materi dan juga memberikan pemahaman yang lebih mendalam pada pesertanya, tidak bisa dipungkiri jika Flip Chart memang pilihan yang tepat sebagai media penyampaian materi.

Meskipun hanya dapat digunakan untuk presentasi yang kecil dan dengan peserta terbatas, Flip Chart tetap dapat menjadi opsi untuk menyajikan presentasi dan materi dengan kesan yang lebih segar dan hidup. Ketika listrik mati dan presentasi harus tetap berjalan, sudah tentu media tersebut menjadi pilihan yang sangat bagus. Hanya saja, pemateri perlu menyusun bahan materi, mereka perlu menulisnya dengan ukuran huruf yang masih bisa dibaca oleh pesertanya tanpa mengurangi keutuhan dan poin penting dalam presentasi tersebut.Persiapan yang baik akan membuat presentasi lebih lancar tanpa harus sering menuliskan poin dalam penyampaian materi. Diluar hal teknis tersebut, alat ini memang merupakan alat bantu presentasi yang multifungsi dan fleksibel. Dengan berbagai variasi bentuk, bahan dan warna, kita bisa memilih Flip Chart mana yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk menambah kenyamanan baik untuk pemakai dan peserta presentasi, akan lebih baik unutk memasang Flip Chart dengan sudut dan ketinggian yang sesuai. Jika masih ingin tetap menggunakan media ini di dalam forum yang dihadiri banyak orang, kita dapat mengombinasikannya dengan proyektor agar kita masih dapat memeberikan sentuhan personal dan penyamapian yang menarik, tanpa mengurangi visibilitas dari materi yang kita sampaikan. Jadi, jangan ragu lagi untuk memakai Flip Chart dalam presentasi anda selanjutnya.

1 comment: