Sunday, November 18, 2012

Ingin sukses di karir? Belajar presentasi..

Kenapa judul diatas diberi seperti itu? Ya, benar kalau ingin sukses di tempat kerja, Anda harus belajar menyampaikan ide atau pun hasil kerja Anda pada atasan dengan baik. Kunci utamanya bukan pada lembaran Excel Sheet, karena para boss besar tidak akan peduli pada kerjaan 'printilan'. Bukan juga pada lembaran Doc, yang hanya akan membuang-buang waktu si boss untuk membacanya. 

 Jadi apa dong? Dari semua aplikasi yang ada Microsoft Office, ada 1 aplikasi yang sering kali dilupakan orang, yaitu aplikasi PowerPoint. PowerPoint merupakan salah satu dari aplikasi yang dapat digunakan sebagai media presentasi untuk menyajikan data secara menarik. PowerPoint juga dapat dibuat animasi maupun multimedia.

Untuk membuat materi presentasi yang baik dan tentu saja tidak membosankan, ada tips dan triknya loh... Berikut beberapa do's and don'ts dalam pembuatan materi presentasi.. 

Do's: 

  • Aturan 5-5, agar slide presentasi dapat cepat dipahami dan mudah untuk dilihat, keep the slide simple and to the point. Jadi usahakan semaksimal mungkin untuk mengikuti aturan tidak lebih dari 5 kata dalam 1 baris, tidak lebih dari 5 baris dalam 1 slide presentasi 
  • Sesuaikan pemilihan font dan warna sehingga teks dapat terlihat baik dari segala penjuru pendengar/audience 
  • Gunakan animasi secukupnya, misalkan pada saat perpindahan slide dari topik yang satu ke yang lainnya 
Don'ts: 

  • Jgn lupakan siapa pendenger Anda. Semaksimal mungkin cari tahu mengenai siapa calon pendengar Anda sebelum membuat materi presentasi. 
  • Jangan gunakan animasi yang terlalu banyak sehingga membuat pusing pendengar. 
Yuk lah belajar untuk dapat mem-presentasi-kan hasil kerja kita ke atasan, biar bisa jadi orang sukses...

No comments:

Post a Comment